Selamat datang di blog rusdy, blogsite ini merupakan blog pribadi sekaligus open for all, tempat share pengalaman, ilmu pemograman komputer, curhatan, tentang cinta bahkan bisnis online. Semua artikel yang ada disini adalah Copyright dari rusdiantosite, walaupun ada sebagian yang ngga' terlalu populer saat ini.. hehehe... Dengan Anda membuka blog ini, maka Anda setuju dengan tampilan dan kondisi yang ada dalam blog ini.. :)) Segala sesuatu yang membuat anda menjadi tambah pintar dan punya banyak pengalaman karena blog sederhana ini,
silahkan bagi-bagi hasilnya kesesama:). Makasih,,,


Copyright © 2010 Blog Rusdy ( FOR EDUCATION PLACE), All Rights Reserved BY RUSDY, Jl. Poros Gowa-Takalar, Kalase'rena Kec. Bontonompo 92153.

Rabu, 24 November 2010

instalasi kabel jaringan

Rabu, 24 November 2010


INSTALASI KABEL STRAIGHT DAN CROSS

Peralatan dan media yang di butuhkan:

1. Kabel UTP


2. Konektor RJ45


3. Tang Crimping


4. LAN Tester



INSTALASI KABEL STRAIGHT

Kabel dengan kombinasi ini digunakan untuk koneksi antar perangkat yang berbeda jenis, seperti antara komputer ke switch, komputer ke hub/bridge, router ke switch, router ke bridge dsb. kombinasi warnanya dapat kita lihat pada gambar berikut :

Gambar kombinasi kabel Straight

Urutan Pemasangan

Ujung A Ujung B

Putih Orange Putih Orange
Orange Orange
Putih Hijau Putih Hijau
Biru Biru
Putih Biru Putih Biru
Hijau Hijau
Putih Coklat Putih Coklat
Coklat Coklat

Kabel UTP tipe straight digunakan sebagai media penghubung antara :
- Komputer/PC denan Hub/Router/Switch, atau
- Hub dengan Router

Kita akan coba membuat kabel straight, pertama kupas-lah pelindung luar kabel UTP lalu atur agar lurus kabel-kabel didalamnya. Urutkan posisinya warna berdasarkan urutan pemasangan diatas. Potong ujung kabel dengan gunting agar rata. Masukkan kedalam konektor RJ-45 lalu di crimping dengan tang crimping.
Ikuti caranya untuk ujung kedua sama dengan langkah pertama. Masukkan ujung kedua kabel kedalam LAN-tester lalu periksa, jika semua lampu 1-8 terhubung maka kabel ini sudah siap.


INSTALASI KABEL CROSS

Kabel dengan kombinasi ini adalah diperuntukkan untuk koneksi peer to peer antara perangkat yang sejenis. Contohnya dari komputer ke komputer, dari komputer ke router, dari switch ke switch dsb.

Urutan Pemasangan

Ujung A Ujung B

Putih-Orange Putih-Hijau
Orange Hijau
Putih- Hijau Putih-Orange
Biru Biru
Biru-putih Biru-putih
Hijau Orange
Putih-Cokelat Putih-Cokelat
Cokelat Cokelat

Kabel UTP tipe cross over digunakan sebagai media penghubung antara:
- Komputer/PC dengan Komputer/PC, atau
- Router dengan Router, atau
- Hub dengan Hub

Untuk kabel cross juga sama seperti langkah diatas, hanya bedanya harap perhatikan salah satu ujung yang berbeda. Adapun standard per-kabelan ini yang dijaminkan adalah kurang lebh 100 meter, diatas 100 meter kemungkinan akan mengalami loss. Kupas kulit kabel UTP kira-kira sepanjang 2,5 cm dengan menggunakan crimping tool atau gunting atau silet dan urai kabel-kabel yang ada di dalamnya. Urutkan posisinya warna berdasarkan urutan pemasangan diatas. Ratakan ujung kabel dengan memangkas ujungnya menggunakan crimping tool agar. (Pada saat akan memotong ujungnya kabel tetap harus tersusun rapi sesuai dengan urutan). Dengan tetap memperhatikan kerapian kabel yang telah disususn, masukkan kabel UTP pada konektor RJ-45 hingga ujung kabel terlihat pada ujung konektor, Setelah itu kunci konektor dengan menggunakan crimping tool.

Kemudian tes kabel UTP dengan menggunakan LAN tester. Caranya yaitu masukkan kedua ujung kabel pada LAN tester, kemudian tekan tombol on. Apabila lampu led pada LAN tester menyala semua secara bergantian dari 1-8 berarti crimping kabel sukses dan kabel sudah tersambung dengan baik dan sehingga siap untuk digunakan pada jaringan. Akan tetapi jika ada satu atau beberapa lampu led tidak menyala berarti ada ujung kabel tidak menyentuh konduktor pada RJ-45, maka penyusunan harus diulang dari awal dengan memotong kabelnya lagi arena konektor RJ-45 yang sudah dipasang dan dikunci tidak dapat dilepas lagi.

Jika ada yang bertanya bagaimana membedakan kabel straight dan kabel cross? Sebenarnya mudah saja, perhatikan ujung dari kedua kabel tersebut lihat diagram-nya bila yang pertama adalah putih orange lalu kedua putih orange juga sudah pasti itu kabel straight, sedangkan kabel cross salah satu ujungnya dimulai dengan putih hijau.

0 komentar:

Posting Komentar