Selamat datang di blog rusdy, blogsite ini merupakan blog pribadi sekaligus open for all, tempat share pengalaman, ilmu pemograman komputer, curhatan, tentang cinta bahkan bisnis online. Semua artikel yang ada disini adalah Copyright dari rusdiantosite, walaupun ada sebagian yang ngga' terlalu populer saat ini.. hehehe... Dengan Anda membuka blog ini, maka Anda setuju dengan tampilan dan kondisi yang ada dalam blog ini.. :)) Segala sesuatu yang membuat anda menjadi tambah pintar dan punya banyak pengalaman karena blog sederhana ini,
silahkan bagi-bagi hasilnya kesesama:). Makasih,,,


Copyright © 2010 Blog Rusdy ( FOR EDUCATION PLACE), All Rights Reserved BY RUSDY, Jl. Poros Gowa-Takalar, Kalase'rena Kec. Bontonompo 92153.

Rabu, 24 November 2010

pengetahuan dasar tentang cancer

Rabu, 24 November 2010


Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, WHO, setiap tahun jumlah penderita kanker di dunia bertambah 6,25 juta orang. Menderita kanker merupakan hal yang menakutkan, tetapi apakah sebenarnya kanker itu? apa yang harus dilakukan bila menderita kanker?

Kanker adalah penyakit akibat pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh yang berubah menjadi sel kanker dalam perkembangannya, sel-sel kanker ini dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya sehingga dapat menyebabkan kematian. Kanker sering dikenal oleh masyarakat sebagai tumor, padahal tidak semua tumor adalah kanker. Tumor adalah segala benjolan tidak normal atau abnormal yang bukan radang.

Tumor dibagi dalam dua golongan, yaitu tumor jinak dan tumor ganas. Kanker adalah istilah umum untuk semua jenis tumor ganas. Sel tumor pada tumor jinak bersifat tumbuh lambat, sehingga tumor jinak pada umumnya tidak cepat membesar. Sel kanker mendesak jaringan sehat sekitarnya secara serempak sehingga terbentuk simpai (serabut pembungkus yang memisahkan jaringan tumor dari jaringan sehat). Oleh karena bersimpai maka pada umumnya tumor jinak mudah dikeluarkan dengan cara operasi.

Dengan di diagnosa menderita kanker merupakan hal yang menakutkan,tetapi dengan mengerti apa yang terjadi di dalam tubuh anda dapat membantu untuk lebih mewaspadai dari apa saja yang dapat menyebabkannya.

Apa saja penyebab kanker?
Kanker dapat disebabkan karena terjadinya mutasi pada rangkaian DNA anda. Dengan adanya mutasi di DNA mengakibatkan terjadinya pertumbuhan tidak normal dari sel-sel jaringan tubuh. Mutasi yang terjadi pada DNA anda dapat disebabkan oleh:

Kebiasaan yang anda miliki.

Penyebab yang pasti dari kanker belum diketahui, namun hasil penelitian dan studi menyatakan dengan jelas bahwa sebagian besar dari timbulnya kanker dapat disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat. Yang dimaksud dengan gaya hidup yang tidak sehat adalah kebiasaan makan yang tidak seimbang, kebiasaan merokok, kontak dengan sinar matahari yang berlebihan, berganti-ganti pasangan seks dan lingkungan hidup serta pekerjaan yang ada hubungannya dengan penyebab kanker.

Lingkungan Anda

Lingkungan di sekitar anda dapat merupakan perubahan digen anda. Meskipun anda tidak merokok, anda mungkin sebagai perokok pasif jika berpergian ke tempat-tempat dimana banyak orang yang merokok disekitar anda. Zat yang terdapat pada asap rokok dapat menyebabkan kanker paru pada perokok dan perokok pasif (orang bukan perokok yang tidak sengaja menghirup asap rokok orang lain) dalam jangka waktu yang lama. Bahan kimia untuk industri serta asap yang mengandung senyawa karbon dapat meningkatkan kemungkinan seorang pekerja industri menderita kanker.

Sejarah penyakit keluarga

Terjadinya perubahan di DNA anda dapat dilacak melalui sejarah penyakit yang diturunkan oleh keluarga. Jika kanker sudah ada di keluarga anda, kemungkinan terjadinya mutasi DNA dapat diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya. Beberapa contoh jenis kanker yang terkait dengan kelainan genetik adalah kanker payudara, kanker ovarium, kanker usus besar, kanker kulit, limphoma malignum, kanker mata, tumor Wilms. Perlu diingat bahwa dengan memiliki keturunan dengan mutasi ini tidak selalu pasti anda akan menderita kanker.

Bagaimana kanker dapat berkembang?

Sel kanker tumbuh secara tidak terkontrol. Sel tumor pada tumor ganas (kanker) tumbuh cepat, sehingga tumor ganas pada umumnya cepat menjadi besar. Sel tumor ganas tumbuh menyusup ke jaringan sehat sekitarnya, sehingga dapat digambarkan seperti kepiting dengan kaki-kakinya mencengkeram alat tubuh yang terkena. Disamping itu sel kanker dapat membuat anak sebar (metastasis) ke bagian alat tubuh lain yang jauh dari tempat asalnya melalui pembuluh darah dan pembuluh getah bening dan tumbuh kanker baru di tempat lain. Penyusupan sel kanker ke jaringan sehat pada alat tubuh lainnya dapat merusak alat tubuh tersebut sehingga fungsi alat tersebut menjadi terganggu.

Kanker dapat menyerang dan menghancurkan jaringan-jaringan normal dan juga dapat menghasilkan zat-zat kimia yang dapat berpengaruh kepada fungsi-fungsi tubuh, jaringan saraf yang terdapat di luar system saraf pusat. Kanker dapat terbentuk bertahun-tahun untuk perkembangannya.

Seperti apa kanker terlihat?

Dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi modern dalam pemeriksaan maka kini kanker makin mudah ditemukan. Salah satu pemeriksaan untuk skrining tersebut antara lain adalah Tes Papaniocolaou (Pap Smear).

Bagi yang ada kecurigaan, maka pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah :
- Pemeriksaan sitologi dan patologi anatomi
- Tes-tes pertanda kanker dalam darah
- Rontgen
- Mamografi (rontgen khusus untuk payudara)
- Ultrasonografi / USG (memotret alat tubuh bagian dalam)
- Endoskopi (peneropongan alat tubuh bagian dalam)
- Kolposkopi (peneropongan leher rahim).

Kanker tidak menular tetapi ada faktor penyebab yang dapat ditularkan. Misalnya Human Papilome Virus.

Siapa saja yang dapat terpapar kanker?

Kanker dapat menimpa semua orang pada semua bagian tubuh dan pada semua golongan umur. Kanker dapat timbul pada pria, wanita maupun anak-anak. Walaupun kanker dapat timbul pada anak-anak, tetapi lebih sering timbul pada orang dewasa, terutama pada orang yang berusia 40 tahun ke atas. Ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon dan proses menua atau kemunduran pertumbuhan sel.

Apa yang dapat anda lakukan untuk mencegah?
Meskipun penyebab kanker secara pasti belum diketahui, setiap orang dapat melakukan upaya pencegahan dengan cara hidup sehat dan menghindari beberapa jenis kanker :

Mengenai makanan usahakan :
Mengurangi makanan berlemak yang berlebihan.
Lebih banyak makan makanan berserat.
Lebih banyak makan makanan yang banyak mengandung vitamin A dan C dan sayur-
sayuran berwarna.
Lebih banyak makan makanan berwarna.
Mengurangi makan makanan yang telah diawetkan (misalnya diasinkan, dibakar,
diasap atau dengan bahan pengawet) atau disimpan terlalu lama.
Membatasi minuman alkohol.

Hindari diri dari penyakit akibat hubungan seksual.
Hindari kebiasaan merokok. Bagi perokok berhenti merokok.
Upayakan kehidupan seimbang dan hindari stres.
Periksakan kesehatan secara berkala dan teratur.
Penyebab yang pasti dari kanker belum diketahui, namun hasil penelitian dan studi menyatakan dengan jelas bahwa sebagian besar dari timbulnya kanker dapat disebabkan oleh gaya hidup tidak sehat.

Yang dimaksud dengan gaya hidup yang tidak sehat adalah kebiasaan makan yang tidak seimbang, kebiasaan merokok, kontak dengan sinar matahari yang berlebihan, berganti-ganti pasangan seks dan lingkungan hidup serta pekerjaan yang ada hubungannya dengan penyebab kanker.
Bicarakan resiko anda terpapar kanker kepada dokter anda dan lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

0 komentar:

Posting Komentar